Senin, 12 Oktober 2015

Istilah di Dota 2


Kali ini gw akan membahas istilah yang ada di Dunia Dota 2. Terdapat banyak istilah yang digunakan Player Dota 2 baik itu untuk menyinggung maupun untuk mengungkapkan sesuatu. Bagi kalian yang asing dengan Dunia Dota 2 dan memiliki teman yang kebetulan Player Dota 2 pasti pernah mendengar istilah ini dilontarkan olehnya. Player Dota 2 secara tidak sadar dalam kehidupan sehari-harinya pasti melontarkan setidaknya istilah-istilah yang akan disebutkan. Penasaran ? Langsung aja ke TKP

1. GG (Good Game) / GGWP (Good Game Well Played)


Ini adalah istilah paling mainstream yang digunakan Player Dota 2. Apa artinya ? Istilah GG maupun GGWP sebenarnya digunakan pada kompetisi (turnamen) sebagai tanda bahwa tim yang menyatakan GG ataupun GGWP mengaku kalah. Namun pada praktek di pub banyak dinyatakan sebagai sindiran maupun ungkapan kekecewaan. Contoh : Teman tim kalian mencoba kill musuh namun malah dia yang kena kill, akibatnya ada teammates kalian yang chat all GG. Dalam kehidupan sehari-hari GG sering dinyatakan sebagai sesuatu yang "wah" atau hebat. Contoh : Kalian sedang jalan dan melihat mobil ferrari lewat lalu bilang ke teman "GG banget mobil ntu orang"

2. Party


Oke jangan mikir alkohol, cewek seksi, maupun lampu gemerlap dulu. Party bagi Player Dota 2 adalah istilah untuk bermain bersama secara online. Istilah party memang dibuat oleh valve sendiri. Karena saat kita akan meng-invite seseorang untuk bermain bersama kita, perintah yang mucul adalah "invite to party". Untuk itu banyak orang awam akan keliru antara Player Dota 2 dengan anak "party" yang asli, karena penggunaan katanya juga rada sama. Misalnya dalam percakapan antara 2 Player Dota 2 "Bro, ntar malem jadi kan party sama gua ?" o_0

3. NOOB


Wait kenapa capslock semua ? Ini adalah istilah yang sering dilontarkan seorang Player Dota 2 jika teammates mereka bermain kurang baik, karena itu biasanya ditulis dengan capslock untuk menyatakan emosi penulisnya. Noob berasal dari Newbie atau pemula, jadi orang yang menggunakan kata Noob menyatakan orang yang disebutkan sebagai pemula. Penggunaannya kurang lebih begini "Ah ini Void cacad banget 30 menit baru Mask" lalu Player Dota tersebut mengetik Noob Void GGWP ke all chat. Penggunaan dalam kehidupan sehari-hari juga bisa digunakan oleh Player Dota 2 seperti "Ah lu masak nasi aja masa kagak bisa, Noob banget si".

4. MMR (Match Making Ranking)


Ini adalah prestise dari Dunia Dota 2. MMR merupakan istilah ranking dalam Dunia Dota 2, biar cepat penjelasannya MMR bagai Raport SD. Kebayang ? Player Dota 2 yang sudah mecapai level tertentu dapat mengakses salah satu Match yang ada di tab Play Dota 2 yaitu Ranked Match. Ranked Match merupakan Match dimana seorang Player Dota 2 akan mendapat poin sesudah game, biasanya poin yang didapat sebesar +25 bagi yang menang dan -25 bagi yang kalah. Player Dota 2 akan diberikan modal MMR jika sudah mencapai level tertentu dan sudah menyelesaikan 10 match MMR, jika Player Dota 2 belum menyelesaikan 10 match MMR maka MMRnya dinyatakan TBD (To Be Decided). 

5. Creep Block / Body Block


Istilah yang satu ini biasanya digunakan in-game Dota 2. Creep Block merupakan istilah dimana seorang Player Dota 2 mencoba menahan laju creep (pasukan) sehingga musuh tertarik dekat dengan tower kita, sehingga musuh bermain dalam keadaan merugikan. Body Block merupakan istilah dimana seorang Player Dota 2 mencoba memblock pergerakan Hero musuh untuk memperlambat gerakannya sehingga teammates kita bisa menyerangnya, biasanya yang melakukan Body Block adalah hero melee. Body Block juga bisa diistilahkan jika kita secara tidak sengaja memblock pergerakan kawan untuk kabur.

6. Creep Stack / Ancient Stack


Istilah yang satu ini juga biasanya digunakan in-game Dota 2. Creep Stack merupakan istilah dimana seorang Player Dota 2 menarik creep pada waktu tertentu sehingga creep pada suatu camp ter-stack (menumpuk). Sehingga membuat Player yang menghabiskannya mendapat lebih banyak gold dari hanya menghabiskan satu camp tanpa stack. Ancient Stack juga sama, bedanya yang distack adalah Creep yang lebih kuat dan besar yaitu Creep Ancient. Biasanya yang melakukan stack adalah Hero Support.

7. FEEDER



Istilah ini juga digunakan in-game Dota 2. Feeder adalah istilah dimana seorang Player Dota 2 yang sering kena kill sehingga memberi musuh keuntungan (gold dan exp hasil kill), maka dari itu Player yang sering mati disebut feeder (pemberi makan). Kenapa ditulis full capslock lagi ? Bisa dibayangin kan kalo kita maen suatu game musuh udah level 25 dan kita masih level 20, susahnya minta ampun. Itulah orang yang sering di-kill musuhnya di Dota 2 dibenci oleh teman setimnya.

Berikut merupakan istilah yang ada di Dunia Dota 2. Jika kalian punya teman Player Dota 2 pasti secara tidak sadar dia setidaknya pernah menyebut istilah yang ada di atas. Dan bagi Player Dota 2 nggak usah senyum-senyum bacanya :v

Sekian dari Saya, kalau ada tambahan nanti di update.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar